Jangan bercermin di air keruh



Tips bergaul yang sehat
Janganlah bercermin
 Jangan bercermin di air keruh
Karena tak mungkin
Engkau dapat melihat wajahmu

Janganlah berteman
Dengan orang yang buruk tingkahnya
Nanti kau terjerat
Oleh tali setan yang keparat

Tapi bila iman kita tak meragukan
Dengan siapa pun boleh kita berteman
Dengan penjahat pun boleh kita berteman
Untuk mengisyafkan dia kejalan Tuhan
(nasyidaria)

Syair di atas mengajarkan kita bagaimana kita harus bersikap dalam pergaulan dan dengan siapa berteman. Karena banyak orang yang terjerumus ke dalam lubang kemakisatan dan kesesatan karena pengaruh teman bergaul yang jelek. Namun juga tidak sedikit orang yang mendapatkan hidayah dan banyak kebaikan disebabkan bergaul dengan teman-teman yang shalih.
for-single.blogspot.com
Dalam sebuah Hadits Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang peran dan dampak seorang teman dalam sabda beliau :
 Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)
Kebaikan Seseorang Bisa Dilihat Dari Temannya


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjadikan teman sebagai patokan terhadap baik dan buruknya agama seseorang. Oleh sebab itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepada kita agar memilih teman dalam bergaul. Dalam sebuah Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
 Agama Seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah, no. 927)
pejagailmu.blogspot.com
Begitulah kesiapan kita dalam bergaul, agar kita tidak terjerumus pada keburukan tapi kebaikan dan kebaikan.semangat!!.(pejagailmu)