Ijasah kelulusan S5



Banyak sudah sarjana di negeri ini dari sarjana muda, sarjana s1, sarjana magister, sampai doctor
Namun sesungguhnya ada sarjanan yang lebih mulia dengan biaya yang murah dan mudah.
Yaitu sarjana S5,  Kalau di beri gelar nice guy untuk yang laki-laki dan nice girl untuk yang perempuan
singkatannya Ng(en ji),
Semisal mr. gunawan, Ng, mrs diah, Ng
pejagailmu.blogspot.com
Apa sih S5 itu.? S5 adalah konsep budaya bermasyarakat yang di publican oleh ustad AA Gym sebagai berikut.

Pertama adalah 'Senyum,' setiap orang dapat tersenyum, macamnyapun beragam, ada yang karena senyuman orang menjadi teriris hatinya. Ada juga 'senyum menggoda' yang membuat orang yang melihatnya terjerumus ke lembah maksiat. 

Tetapi ada juga senyuman yang membuat hati kita tergetar melihatnya yaitu 'senyum ketabahan' . Serta ada senyum yang sebaiknya diamalkan setiap saat yaitu 'senyum tulus' yang lahir dari hati yang paling dalam, lahir dari kerinduan ingin membahagiakan. Dalam hal ini Rasulullah saw, telah mempraktekkan senyuman yang tulus di hadapan para sahabat. 

Keuntungan senyum ada banyak seperti dapat menambah daya tarik seseorang, dari segi kesehatan orang yang murah senyum akan jauh dari stress, jantungnya akan berdetak normal, ketiga dari hubungan sosial, bagi yang ahli senyum pergaulan akan terasa menyenangkan.

S kedua dari 5S adalah 'Salam' . Bagi orang Islam salam mengandung makna yang dalam, selain merupakan doa yang tulus dari seorang muslim kepada muslim lainnya, salam oleh sebagian ulama diartikan dengan, "Semoga engkau dalam penjagaan Allah" atau ada juga yang mengartikan "Selamat. Semoga keselamatan dari Allah tetap bagimu."

S ketiga yiatu 'Sapa.' Aa Gym mengatakan mengapa, untuk menyapa orang yang berada di samping kita terasa berat sekali. Padahal kalau kita melihat kenyataan, saat kita duduk bersebelahan dalam bis, saat naik kereta api, itu merupakan kesempatan untuk bertegur sapa. Dengan menyapa secara hangat kebekuan akan mencair dan kita akan merasa nyaman sepanjang perjalanan

Kemudian S Keempat adalah 'Sopan.' Orang yang sopan akan dapat mencuri hati siapapun yang melihatnya. setidaknya kita menjadi hormat pada orang yang bersikap sopan. Selain itu kesopanan merupakan sikap menentukan nilai orang tersebut, semakin tinggi nilai sikap kesopanan, maka makin tinggi derajatnya.
Serta kesopanan yang muncul dari kemuliaan akhlak merupakan tanda-tanda kedalaman pemahaman agama seseorang. Jadi apalah artinya jika mempunyai ilmu agama yang luas, gelar yang panjang, kedudukan yang tinggi, kalau memiliki sikap yang tidak sopan. Oleh karena itu adabaiknya kita evaluasi kembali kesopanan sikap kita, kata Aa Gym.

Terakhir adalah 'Santun.' Penyantun adalah orang yang bisa memaafkan atau Ia bisa membalas keburukan dengan kebaikan. Dalam arti orang yang penyantun adalah orang yang mampu menekan ego dirinya untuk mengalah demi kemashlahatan bersama. Jadi bila ingin mempunyai pribadi yang simpatik lagi menawan, harus menjauhi sekuat-kuatnya sikap egois.

Itulah S5 yang harus kita laksanakan dan budayakan sebagai sikap terbaik dalam hidup dan berinteraksi sosia.
Siapa Yang mampu menjalankan dan membudayakan budaya S5 atau 5S merekalah yang akan mendapatkan gelar Nice guy atau Nice girl.(penjagailmu)