Setiap Kita Adalah Pemimpin


pejagailmu.blogspot.com

Dari Abdullah bin Umar, bahwasanya Rosulullah SAW bersabda :
“Ketahuilah…Setiap dari kalian adalah pemimpin yang akan di mintai pertanggung jawabannya, seorang imam adalah pemimpin bagi masyarakatnya dan akan di mintai pertanggung jawabanya tentang kepimpinannya,
seorang suami adalah pemimpin bagi keluarga dan ia bertanggung jawab terhadap keluarganya, seorang istri adalah pemimpin bagi rumah suaminya dan anak-anaknya dan ia bertanggung jawab terhadap mereka,
seorang pembantu adalah pemimpin bagi harta tuannya dan ia bertanggung jawab terhadapnya, setiap kalian adalah pemimpin dan tiap kalian mempunyai tanggung jawab terhadap yang di pimpinnya”. (HR. Abu Daud : 2930)
 
Kita terkadang tidak menyadari bahwa sebenarnya kita adalah pemimpin
Saat seorang anak menjadi ketua kelas maka ia adalah pemimpin.
Ketua RT adalah pemimpin.
Guru adalah pemimpin bagi muridnya.
Hampir setiap orang jadi pemimpin bagi lingkungannya meski hanya satu orang pengikutnya.
Manusia seorang diripun adalah pemimpin yang harus mampu memimpin dirinya sendiri.
Ketidak sadaran inilah yang acapkali mengakibatkan orang tidak mau mengembangkan ilmu kepemimpinan. Ucapan seperti “saya mah rakyat kecil”  sesungguhnya sangat mengerdilkan. Betapa tidak, seorang tukang becak pun adalah pemimpin yang hebat bagi keluarganya di rumah.
Tangga Kepemimpinan
Masing masing tangga tersebut harus dilalui dengan benar dan tidak boleh ada satu tanggapun yang terlewati atau diloncati.
Seperti sebuah Game yan dimana setiap Level mempunyai tingkat kesulitan tersendiri. Makin tinggi levelnya makin sulit tantangannya.
Kita sebagai manusia yang diberi anugerah akal dan pikiran wajib mendayagunakan semua PemberiaNya sebagai wujud rasa syukur kita terhadap Sang Pencipta.
Semuanya harus di perhitungkan dan di usahakan dengan segenap kemampuan yang kita miliki untuk bisa mencapai puncak dari tangga kepemimpinan yaitu menjadi pemimpin abadi.
Tapi kita jangan berkecil hati apabila hanya mampu menyelsaikan level satu karena tugas kita hanya usaha, do`a dan tawakkal..  Yang penting ada usaha yang kuat sebagai wujud dari kemauan yang kuat dan hasilnya serahkan pada Alloh SWT.
Tangga atau Level Kepemimpinan yang harus kita lewati satu persatu tersebut tersebut adalah :
1.       Pemimpin yang Dicintai
2.       Pemimpin yang Dipercaya
3.       Pembimbing
4.       Pemimpin yang Berkepribadian
5.       Pemimpin Abadi
Lalu seperti apakah tangga kepemimpinan itu?, bagaiman pemimpin yang di cintai?, dipercaya?, dan pemimpin yang abadi?(pejagailmu)
pejagailmu.blogspot.com 
Continue next part.